Pertumbuhan PDRB Provinsi Jambi Triwulan I - News - BPS-Statistics Indonesia Jambi Province

Layanan Permintaan Data BPS Provinsi Jambi dapat diakses melalui chat center whatsapp 0811 7434 292 dan Saran dan pengaduan dapat disampaikan melalui email pengaduan1500@bps.go.id Terima kasih

A Warm Welcome to The BPS Jambi Province Website

Bagi para pengguna data BPS, yuukk berpartisipasi pada Survei Kebutuhan Data melalui link berikut http://s.bps.go.id/SKDJambi2024 Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih.

Pertumbuhan PDRB Provinsi Jambi Triwulan I

Pertumbuhan PDRB Provinsi Jambi Triwulan I

May 8, 2024 | Other Activities


Provinsi Jambi masih merasakan dampak El nino yang terjadi sampai dengan akhir tahun lalu pada triwulan 1 tahun 2024. Banjir yang disebabkan oleh siklus tropis musiman ini dirasakan hampir di seluruh wilayah di Provinsi Jambi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan 1 tahun 2024 melambat sebesar 3,83 persen. 
Perekonomian Provinsi Jambi di triwulan I tahun 2024 berdasarkan besaran Atas Dasar Harga Berlaku yaitu sebesar 74,58 Triliyun dan berdasarkan Atas Dasar Harga Konstan sebesar 41,97 triliyun. Dihitung dengan melihat perubahan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi masih sangat tergantung dengan lapangan usaha pertanian (khususnya tanaman pangan). Akibat dari el-nino yang terjadi sampai dengan akhir tahun lalu, pertumbuhan lapangan usaha ini kurang impresif dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sehingga tidak mampu menarik laju pertumbuhan PDRB Provinsi Jambi triwulan ini. Bahkan lapangan usaha pertambangan yang biasanya juga menjadi sumber pertumbuhan PDRB terkontraksi atau tumbuh negatif sebesar 6.67 persen. Hal ini tentu saja menyebabkan semakin tertahannya laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
Sementara dari sisi Pengeluaran, Konsumsi Lembaga Non-Profit (LNPRT) di tahun 2023 tumbuh melesat sebesar 29,10 persen. Melambatnya pertumbuhan perekonomian ditandai dengan melemahnya komponen Pembentukan Modal Tambah Bruto (PMTB) yang terkontraksi sebesar 2,41 persen.
Mau tahu lebih lanjut mengenai Kinerja ekonomi Provinsi Jambi triwulan 1 2024? Akses info lengkapnya di https://jambi.bps.go.id
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi (Statistics of Jambi Province)Jl.A. Yani No.4 Telanaipura

Jambi

Indonesia

Telp (62-741) 60497

Mailbox :bps1500@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia