Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Provinsi Jambi 2023 - News - BPS-Statistics Indonesia Jambi Province

Layanan Permintaan Data BPS Provinsi Jambi dapat diakses melalui chat center whatsapp 0811 7434 292 dan Saran dan pengaduan dapat disampaikan melalui email pengaduan1500@bps.go.id Terima kasih

A Warm Welcome to The BPS Jambi Province Website

Bagi para pengguna data BPS, yuukk berpartisipasi pada Survei Kebutuhan Data melalui link berikut http://s.bps.go.id/SKDJambi2024 Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih.

Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Provinsi Jambi 2023

Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Provinsi Jambi 2023

May 9, 2024 | Other Activities


Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Provinsi Jambi 2023 membaik…#SahabatData sebelumnya kita kenalan dengan IKG dulu ya…IKG merupakan ukuran ketimpangan gender yang menunjukkan capaian pembangunan manusia yang kurang optimal karena ketimpangan antara perempuan dengan laki-laki dalam Dimensi Kesehatan Reproduksi, Pemberdayaan, dan Pasar Tenaga Kerja. Ukuran ini merujuk pada tingkat global/internasional: Gender Inequality Index (GII) dari UNDP. Semakin rendah ketimpangan pencapaian antarindividu terutama antargender, maka semakin optimal pembangunan manusia di suatu daerah.

IKG dibangun oleh tiga dimensi yang digunakan sebagai dasar penghitungan, yaitu Dimensi Kesehatan Reproduksi, Dimensi Pemberdayaan dan Dimensi Pasar Tenaga Kerja. Dimensi Kesehatan Reproduksi dibentuk dari dua indikator, yaitu proporsi perempuan usia 15–49 tahun yang melahirkan hidup tidak di fasilitas kesehatan (MTF) dan proporsi perempuan usia 15–49 tahun yang saat melahirkan hidup pertama berusia kurang dari 20 tahun (MHPK20). Dimensi Pemberdayaan dibentuk dari Persentase penduduk laki-laki dan perempuan dengan pendidikan SMA ke atas dan Persentase penduduk laki-laki dan perempuan di Lembaga Legislatif. Dimensi Pasar Tenaga Kerja dibentuk dari Indikator Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK).

IKG Provinsi Jambi 2023 sebesar 0,528 turun 0,012 poin dibandingkan tahun 2022. Penurunan IKG tahun 2023 didukung oleh semua dimensi penyusunnya. Dimensi Kesehatan Reproduksi mengalami penurunan dikedua indikator pembentuknya, yaitu MTF turun sebesar 0,021 poin dan MPHK20 turun sebesar 0,010 poin. Untuk Dimensi pemberdayaan, jika dibandingkan tahun 2022 tidak mengalami perubahan. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2019 tahun pelaksanaan pemilu, indeksnya meningkat sebesar 3,90 persen poin. Sementara dimensi Pasar Tenaga Kerja, untuk TPAK perempuan meningkat 4,94 persen poin jauh lebih tinggi dibandingkan peningkatan TPAK laki-laki yang hanya meningkat 1,11 persen poin.
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi (Statistics of Jambi Province)Jl.A. Yani No.4 Telanaipura

Jambi

Indonesia

Telp (62-741) 60497

Mailbox :bps1500@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia