Sekilas Tentang Visitor Website BPS Kota Jambi - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

Layanan Permintaan Data BPS Provinsi Jambi dapat diakses melalui chat center whatsapp 0811 7434 292 dan Saran dan pengaduan dapat disampaikan melalui email pengaduan1500@bps.go.id Terima kasih

Selamat Datang Di Website BPS Provinsi Jambi

Bagi para pengguna data BPS, yuukk berpartisipasi pada Survei Kebutuhan Data melalui link berikut http://s.bps.go.id/SKDJambi2024 Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih.

Sekilas Tentang Visitor Website BPS Kota Jambi

Sekilas Tentang Visitor Website BPS Kota Jambi

22 September 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Akhir-akhir ini penggunaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan semakin luas dan semakin banyak orang menggunakan kata-kata yang jarang digunakan selama ini, sehingga terkadang membuat kita tidak tahu maksud dari kata-kata tersebut.

Penggunaan kata-kata tersebut bisa saja dilihat di dunia nyata maupun di dunia maya seperti di media sosial, Instagram, Facebook, Twitter atau diaplikasi lain yang berbasis chat seperti Line, BBM, Whats App dan lain sebagainya.

Ada banyak istilah yang terdapat dalam dunia blog, istilah-istilah tersebut tentu tidak semuanya dipahami oleh kalangan blogger pemula.

Sayangnya istilah umum seperti visitor, pageview, unique visitor, dan bounce rate pun bahkan tidak jarang masih banyak para blogger yang belum mengetahuinya secara pasti.

Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin banyak kosa kata akan dapat memudahkan seseorang dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat kepada orang tertentu.

Pada Kamus Bahasa Inggris Indonesia yang merupakan kamus Online yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata.Seperti itu penjelasan mengenai arti kata visitor.

Dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia kata visitor diartikan pengunjung, namun untuk mengetahui arti kata visitor yang sebenarnya supaya kita lebih memahami dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut, Arti kata visitor dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia adalah kb. pengunjung, tamu.

Istilah-istilah umum dalam dunia blog tersebut sebaiknya harus diketahui untuk memudahkan anda dalam mengelola blog. Setidaknya kita harus mengetahui perbedaan dan pengertian antara satu dengan yang lain.

Untuk lebih memahami pengertian tentang visitor dan unique Berikut ini adalah pengertian visitor, unique sebagai berikut.

Visitor

Visitor adalah jumlah keseluruhan pengunjung dari sebuah blog atau website dalam kurun waktu tertentu. Atau secara sederhanyanya, semua orang yang telah mengakses halaman blog anda disebut sebagai visitor.

Namun, visitor tidak hanya berupa manusia yang mengakses saja, tapi juga beberapa software yang biasa disebut bot juga terhitung sebagai visitor. Meskipun demikian, visitor dari bot secara normal jumlahnya sangat kecil.

Bot sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni menguntungkan dan merugikan. Dari sisi menguntungkan ada Google bot yang bertugas untuk menulusuri halaman blog agar kemudian bisa diakses melalui mesin pencari Google.

Sedangkan yang merugikan bisa saja berupa bot auto visitor atau biasa disebut dengan istilah jingling.

Bot auto visitor ini biasanya hanya dapat bekerja atas perintah seseorang, entah itu karena iseng atau masalah lainnya.

Tapi intinya bot auto visitor sangat merugikan pemilik blog bersangkutan.

Unique Visitor (UV)

Unique Visitor (UV) adalah visitor unik dalam sebuah blog, yang mana mereka mengunjungi blog anda lebih dari sekali.

Misalkan saja seperti pengunjung anda mengakses blog pada hari ini dan kembali besok harinya maka itu digolongkan sebagai visitor unik.

Namun apabila pengunjung hanya mengakses blog anda sekali dan tidak pernah kembali lagi maka hanya digolongkan sebagai visitor biasa saja.

Semakin banyak visitor unik pada sebuah blog, artinya semakin baik juga perkembangan blog tersebut.

Adapun untuk menghitung jumlah visitor dan pageview secara akurat anda bisa menggunakan layanan Google Analytics atau histats.

Pasalnya, dua layanan tersebut tidak akan menghitung bot yang masuk tapi hanya menghitung visitor murni dari manusia.

Anda bisa menggunakan salah satu layanan itu dengan mengunjungi website resminya.

Agar lebih paham, yang dimaksud satu kunjungan adalah seorang masuk ke suatu website dan membuka satu atau lebih halaman.

Sahabat Wirausaha harus memperhatikan number of visits dan unique visitor, di mana unique visitor mencerminkan berapa pengunjung yang sudah mengetahui website Sahabat wirausaha, sedangkan number of visits mencerminkan seberapa besar pengunjung tertarik mengunjungi website kita.

Unique Visitor dianggap unik dalam sebuah website, karena mereka mengunjungi website lebih dari sekali.

Contohnya, pengunjung yang mengakses website Sahabat Wirausaha pada hari ini dan kembali lagi di esok hari, maka itu digolongkan sebagai unique visitor.

Semakin banyak unique visitor pada sebuah website, artinya semakin baik juga perkembangan website tersebut.

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa total visitor/jumlah pengunjung website di bps Kota Jambi pada trw I tahun 2018 sebanyak 3.548 dan terus meningkat menjadi 5.910 pada trw I 2019, dan 6.103 Pada trw I 2020 dan 9.689 pada trw. I tahun 2021 serta 7.069 pada trw I tahun 2022.

Jika diperhatikan per tahun nya angka total visitor tertinggi pada trwulan IV pada setiap tahunnya. Ini menandakan bahwa pada trw IV tersebut banyak yang mengunjungi wesite BPS Kota Jambi guna mencari data Terutama kalangan mahasiswa yang sedang membuat / menyusun skripsi.

Kondisi ini sesuai dengan Jadwal di perguruan tinggi malaksanakan wisuda bulan april.

Kalau diperhatikan lebih jauh data visitor website BPS kota Jambi, pada masa pandemic covid-19, BPS Kota Jambi tidak melayani pengunjung perpustakaan yang datang ke BPS Kota Jambi.

Di sini BPS Kota Jambi menyarankan kepada calon Pengunjung tersebut untuk mengikuti layanan online.

Keadaan ini terlihat dengan semakin berkurangnya jumlah pengunjung Perpustakaan dan bertambah nya jumlah visitor website BPS Kota Jambi.

Rata rata pengunjung website BPS Kota Jambi per hari, pada tahun 2018 berjumlah 51 orang, dan meningkat menjadi 53 orang per hari trw IV pada tahun 2019 dan 72 orang perhari pada 2020 serta 93 orang pada 2021.

Jika dilihat jumlah pengunjung website BPS Kota Jambi per triwulan yang terbanyak pada Trw IV 2021 sedang kan yang sedikit pengunjung nya adalah Trw II tahun 2019, Kondisi ini Seperti yang dijelaskan di atas bahwa unique visitor adalah visitor yang unik, dimana mereka mengunjungi website tersebut lebih dari satu kali.

Dari 3.548 visitor pada Trw I 2018, sebanyak 2.625 atau 74 persen merupakan visitor unik.

Hal ini menandakan bahwa lebih dari separo pengunjung website BPS Kota Jambi lebih dari sekali. Jumlah pengunjung Website BPS Kota Jambi yang Unique berkisar antara 70 -85 persen.

Dari uraian diatas dapat diambil Kesimpulan sebagai berikut :

1. Total visitor Website BPS Kota Jambi bertambah setiap tahunnya

2. Rata rata pengunjung Website BPS Kota Jambi per hari dari tahun 2018 – 2022 berkisar antar 39 sampai 109.

3. semakin besar rasio unigue semakin sedikit tamu yang berkunjung dan semakin banyak tamu yang berkunjung lebh dari 1 kali

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi (Statistics of Jambi Province)Jl.A. Yani No.4 Telanaipura

Jambi

Indonesia

Telp (62-741) 60497

Mailbox :bps1500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik