Perbaikan Data Anomali ST2023 Demi Data Berkualitas - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

Layanan Permintaan Data BPS Provinsi Jambi dapat diakses melalui chat center whatsapp 0811 7434 292 dan Saran dan pengaduan dapat disampaikan melalui email pengaduan1500@bps.go.id Terima kasih

Selamat Datang Di Website BPS Provinsi Jambi

Bagi para pengguna data BPS, yuukk berpartisipasi pada Survei Kebutuhan Data melalui link berikut http://s.bps.go.id/SKDJambi2024 Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih.

Perbaikan Data Anomali ST2023 Demi Data Berkualitas

Perbaikan Data Anomali ST2023 Demi Data Berkualitas

5 Oktober 2023 | Kegiatan Statistik


BPS Provinsi Jambi memainkan peran yang krusial dalam mengamati dan mengelola hasil pendataan Sensus Pertanian 2023. Setelah mengumpulkan data dari lapangan, proses identifikasi anomali menjadi tahap penting dalam memastikan keakuratan data yang dihasilkan.


Data anomali mencakup data yang teridentifikasi di luar kewajaran data (outlier), tidak konsisten, tidak lengkap, dan sebagainya. Data anomali memiliki dampak yang signifikan pada hasil akhir, mempengaruhi kebijakan pertanian, alokasi sumber daya, dan perencanaan masa depan. Karena itu, para ahli di BPS Provinsi Jambi dengan seksama menganalisis setiap anomali ini untuk memahami penyebabnya dan mengukur potensi dampaknya.


Identifikasi anomali ini tidak hanya sekadar tugas teknis, tetapi juga sebuah seni dalam ilmu statistik. Para analis di BPS Provinsi Jambi harus membedakan antara data yang benar-benar mencerminkan situasi lapangan dan data yang mungkin berasal dari non sampling error, misalnya kekeliruan pada pendataan lapangan, kesalahan input, atau faktor lain yang tidak terduga. Sehingga diperlukan solusi cepat dan tepat, guna memastikan bahwa data yang dihasilkan oleh Sensus Pertanian 2023 dapat diandalkan dan akurat.


Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen BPS Provinsi Jambi dalam menjaga integritas data, yang merupakan pondasi dari kebijakan dan perencanaan yang efektif di bidang pertanian. Dengan mengidentifikasi dan menanggapi anomali dengan cermat, mereka membantu memastikan bahwa informasi yang disajikan kepada para pengambil kebijakan dan peneliti memiliki keandalan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang cerdas dan berkelanjutan. Dengan demikian, BPS Provinsi Jambi bukan hanya menjalankan tugasnya sebagai lembaga statistik, tetapi juga menjadi penjaga keakuratan informasi yang menjadi landasan bagi pertumbuhan dan perkembangan sektor pertanian di provinsi tersebut.


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

(Statistics of Jambi Province)

 Jl.A. Yani No.4 Telanaipura Jambi

 Indonesia

Telp (62-741) 60497 Mailbox : bps1500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik