Produksi padi pada 2023 diperkirakan sebesar 274,56 ribu ton GKG - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

Layanan Permintaan Data BPS Provinsi Jambi dapat diakses melalui chat center whatsapp 0811 7434 292 dan Saran dan pengaduan dapat disampaikan melalui email pengaduan1500@bps.go.id Terima kasih

Selamat Datang Di Website BPS Provinsi Jambi

Bagi para pengguna data BPS, yuukk berpartisipasi pada Survei Kebutuhan Data melalui link berikut http://s.bps.go.id/SKDJambi2024 Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih.

Produksi padi pada 2023 diperkirakan sebesar 274,56 ribu ton GKG

Produksi padi pada 2023 diperkirakan sebesar 274,56 ribu ton GKG

22 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Produksi padi pada 2023 diperkirakan sebesar 274,56 ribu ton GKG (Angka Sementara 2023). Pernahkah #SahabatData tergelitik, bagaimana sih cara menghitung produksi padi dalam setahun? Apakah mungkin petugas lapangan BPS telah menimbang hampir 275 ribu ton GKG dari tiap petani yang panen?

#SahabatData, berikut penjelasan singkat tentang cara menghitungnya.
Langkah pertama: Menghitung luas panen padi
Sejak 2018, BPS menggunakan metode Kerangka Sampel Area (KSA) untuk penghitungan luas panen padi. Luas panen padi dihitung berdasarkan pengamatan yang objektif menggunakan metodologi KSA yang dikembangkan oleh BPPT dan BPS.

Langkah kedua: Mengestimasi produktivitas per hektare
Di sisi lain, estimasi angka produktivitas padi diperoleh dari Survei Ubinan. BPS menggunakan hasil Survei KSA dalam penentuan sampel ubinan. Penentuan lokasi sampel ubinan yang tadinya dilakukan secara manual, saat ini menggunakan aplikasi berbasis android.

Langkah ketiga: Menghitung produksi padi
KSA dan Ubinan merupakan tools utama dalam penghitungan produksi padi. Produksi padi diperoleh dari hasil perkalian antara luas panen dengan produktivitas padi.
Seperti itulah langkah-langkah untuk menghitung perkiraan produksi padi dalam setahun.

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas data KSA dan Ubinan, BPS Provinsi Jambi menyelenggarakan Refreshing Survei Tanaman Pangan (KSA dan Ubinan) 2024. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, pada 15-16 Februari 2024. Acara dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo. Dalam arahannya, Agus menyampaikan bahwa pelatihan online ini merupakan kesempatan untuk menyegarkan kembali pengetahuan mengenai KSA dan Ubinan sekaligus untuk mengevaluasi pelaksanaan kedua survei tersebut. Beliau menekankan bahwa hasil kegiatan KSA dan Ubinan sangat penting dalam mendukung pengambilan kebijakan terkait Subsektor Tanaman Pangan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

(Statistics of Jambi Province)

 Jl.A. Yani No.4 Telanaipura Jambi

 Indonesia

Telp (62-741) 60497 Mailbox : bps1500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik